31 Januari 2023

9 masalah mesin mobil yang paling sering

4 min read

9 masalah mesin mobil yang paling sering

Mesin adalah jantung dari setiap mobil yang berfungsi. Ini adalah salah satu aspek merawat dan menjalankan kendaraan yang tidak bisa Anda kompromikan. Mendiagnosis kesalahan pada mesin Anda tidak selalu mudah dan bahkan bisa lebih sulit untuk diperbaiki. Jika Anda yakin bahwa mesin Anda bermasalah atau, lebih buruk lagi, gagal, pastikan Anda melihat sembilan masalah paling umum yang berkaitan dengan kegagalan mesin mobil di bawah ini. Tidak semua masalah mesin serius dan dapat diatasi dengan relatif cepat, tetapi semuanya dapat menyebabkan kerusakan mesin dan, dalam skenario terburuk, memerlukan mesin baru.

  1. Pelumasan yang buruk Sangat penting bahwa mesin Anda menerima cukup oli di antara bagian-bagiannya yang bergerak. Kurangnya pelumasan akan menyebabkan gesekan yang tidak perlu di dalam mesin, menyebabkan panas berlebih dan lebih buruk lagi, mesin mati. Pastikan kendaraan Anda diservis secara berkala, termasuk penggantian oli secara teratur untuk menjaga jumlah pada tingkat yang sesuai.
  2. Pompa oli rusak Kegagalan pompa oli sangat serius untuk umur mesin apa pun. Jika pompa oli gagal, hampir pasti mesin akan kekurangan pelumasan. Selalu pastikan bahwa oli mesin yang Anda gunakan di mesin Anda memiliki kekentalan asli, membuatnya cukup ringan untuk mengalir dengan cepat melalui pompa.
  3. Deposit minyak dan kotoran Oli yang lebih tua dan kotor cenderung meninggalkan endapan dan kotoran pada perlengkapan mesin seperti katup masuk dan busi, belum lagi ruang bakar. Sebagai bagian dari layanan berkala di garasi lokal Anda, mereka akan secara teratur membersihkan filter oli mesin Anda untuk menghindari kotoran bersarang di dalam bantalan kendaraan Anda.
  4. Kompresi bahan bakar dan udara tidak memadai Kompresi bahan bakar dan udara yang buruk di dalam mesin mobil adalah resep bencana. Alasan paling umum untuk pembakaran mesin yang buruk adalah karena segel katup rusak, lubang di dalam silinder dan cincin piston yang terlalu sering digunakan, memaksa udara bocor keluar.
  5. Pendingin mesin bocor Salah satu kesalahan mesin yang lebih mudah didiagnosis adalah kebocoran cairan pendingin mesin. Jika cairan pendingin mesin terus berkurang setelah diisi ulang, itu adalah sinyal pasti bahwa ada kesalahan dalam sistem pendingin. Pendingin harus dijaga bebas dari serpihan dan endapan untuk menjaga suhu pengoperasian yang aman untuk mesin Anda setiap saat.
  6. Radiator mesin tersumbat Pendingin mesin lama yang tidak dijaga kebersihannya dari waktu ke waktu dapat mengakibatkan pengisian radiator mesin Anda dengan endapan dan endapan yang tidak diinginkan. Ini adalah penyebab umum lain dari mesin yang terlalu panas. Cobalah untuk menghindari penggunaan air sadah sebagai pendingin karena Anda akan menghadapi risiko radiator terkorosi seiring waktu karena kerak kapur.
  7. Detonasi mesin yang berkepanjangan Jika Anda mengemudi dan mesin Anda mengeluarkan suara ketukan, kemungkinan besar ada terlalu banyak panas di dalam ruang bakarnya. Kombinasi panas berlebih dan tekanan tinggi menciptakan ledakan mesin, juga dikenal sebagai ketukan percikan, yang dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang pada piston, gasket kepala, dan ring piston.
  8. Sensor oksigen rusak Sensor oksigen yang tidak akurat berbahaya tidak hanya untuk mesin Anda tetapi juga untuk bagian lain dari mobil. Jika sensor tidak memberikan data yang benar kepada mobil Anda tentang berapa banyak oksigen yang tersisa di knalpot dan berapa banyak bahan bakar yang ada di tangki bensin/solar, Anda berisiko tidak efisien dalam mengemudi, membuang banyak uang dalam jangka panjang.
  9. Busi sudah lama  Masalah ini terutama terjadi pada kendaraan yang lebih tua. Busi dirancang untuk menyalakan bahan bakar terkompresi di mesin mobil Anda. Busi yang sudah tua menciptakan pengapian yang lemah dan dapat menghentikan mesin agar tidak berputar, yaitu salah tembak. Ini adalah masalah lain yang menghasilkan penghematan bahan bakar yang tidak efisien dan juga dapat menyebabkan kerusakan mesin yang serius dalam jangka panjang.
BACA  9 Suara Aneh di Mobil, Apa Artinya, Menurut Seorang Mekanik Internasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.