31 Januari 2023

10 Masalah Gangguan Mesin Yang Paling Sering

6 min read

10 Masalah Gangguan Mesin Yang Paling Sering

Mesin adalah bagian terpenting dari kendaraan. Anda harus selalu memastikan bahwa mesin dalam kondisi baik. Perawatan mesin adalah satu hal yang tidak boleh Anda kompromikan. Beberapa masalah mesin yang umum dapat menyebabkan kerusakan parah jika Anda tidak segera mengambil tindakan.

Cukup sulit untuk mendiagnosis kesalahan mesin Anda. Jika Anda melihat tanda-tanda ada yang tidak beres dengan mesin, Anda perlu memeriksanya. Beberapa masalah tidak begitu serius, tetapi jika tidak diperiksa pada waktu yang tepat dapat menyebabkan perbaikan yang mahal. Di sini, kita akan mempelajari beberapa masalah dan kegagalan mesin yang paling umum.

Masalah mesin paling umum yang perlu Anda khawatirkan. Mesin adalah bagian terpenting dari mobil Anda, dan Anda harus merawatnya. Setelah mengetahui masalah yang mungkin Anda hadapi dari mesin Anda, sekarang Anda dapat mempelajari cara memperbaiki masalah mesin. Anda dapat memecahkan beberapa masalah yang tidak terlalu serius di rumah, tetapi yang lain membutuhkan mekanik yang berpengalaman.

Bagaimana Cara Kerja Mesin?

  • Mesin adalah bagian kompleks dari kendaraan yang kebanyakan orang tidak mengerti cara kerjanya. Sebagai pemilik kendaraan, penting untuk memiliki ide dasar tentang cara kerjanya. Dengan pengetahuan tersebut maka akan mudah bagi Anda untuk mengetahui bila ada masalah pada bagian mesin dan cara mengatasinya.
  • Mesin kendaraan mengubah gas menjadi energi yang menggerakkan mobil. Mesin terdiri dari berbagai komponen yang bekerja sama untuk memastikan kendaraan bergerak dengan lancar. Tanpa mesin, mobil Anda tidak akan berguna.

Masalah Umum Mesin dan Cara Memperbaikinya
Mengetahui cara kerja mesin, penting untuk mengetahui beberapa masalah yang mungkin Anda hadapi dalam pengalaman berkendara Anda. Berikut adalah beberapa kegagalan mesin umum yang dihadapi sebagian besar pemilik mobil dan cara mendiagnosis masalah mesin:

  1. Mesin Tidak Mau Hidup Gangguan ini adalah salah satu masalah mesin mobil terburuk yang dihadapi pemilik kendaraan. Ada berbagai alasan mengapa kendaraan bisa gagal untuk memulai. Salah satu alasan paling umum adalah masalah terkait baterai. Bisa jadi baterainya habis atau mati dan perlu distarter. Jika ada masalah dengan baterai, Anda akan mendengar suara klik. Alasan lain adalah kendaraan mengalami masalah dengan starter. Starter membuat mesin bergerak, dan karena itu jika ada masalah, itu tidak akan hidup. Bisa juga karena filter bahan bakar tersumbat. Proses pembakaran tidak akan dimulai jika ada masalah dengan pompa bahan bakar atau filter bahan bakar tersumbat. Sebuah kendaraan akan gagal untuk memulai karena sakelar pengapian rusak, kabel baterai, atau kegagalan dalam catalytic converter. Jika masalahnya adalah baterai, ambil kabel jumper dan coba nyalakan kendaraan. Jika karena alasan lain, maka Anda perlu mengunjungi mekanik.
  2. Busi Aus Masalah ini paling sering terjadi pada kendaraan tua. Meskipun busi berukuran kecil, namun busi cukup penting untuk kinerja mesin yang efektif. Bagian-bagian mesin inilah yang membuat kendaraan bergerak. Pekerjaan mereka adalah menyalakan gas terkompresi di dalam mesin. Busi yang kotor atau aus akan menghasilkan percikan yang lemah atau tidak ada percikan sama sekali. Hal ini menyebabkan mesin macet, macet, sulit start, atau Engine Start tetapi tidak Tetap Berjalan. Selalu luangkan waktu untuk memeriksa secara teratur dan memastikan bahwa busi dalam kondisi baik. Anda juga harus belajar Bagaimana Mengenalinya jika Busi Rusak.
  3. Radiator Tersumbat  Coolant kotor salah satu hal yang bisa membuat mesin bermasalah. Fungsi pendingin adalah untuk menjaga mesin pada suhu yang tepat agar dapat bekerja dengan baik. Saat cairan pendingin kotor, itu mengurangi efisiensi radiator untuk mendinginkan mesin. Hal ini pada akhirnya menyebabkan mesin menjadi terlalu panas, yang merusak komponen mesin lainnya. Akibatnya, mesin akan menjadi terlalu panas, dan itu bukan pertanda baik. Selalu disarankan untuk tidak menggunakan air keran sebagai pendingin karena dapat menyebabkan korosi di dalam radiator.
  4. Kehilangan Cairan Pendingin Mesin Level cairan pendingin engine berkurang akibat kebocoran. Ini adalah salah satu penyebab paling umum dari mesin yang terlalu panas. Cara terbaik untuk mencegahnya adalah dengan memeriksa radiator, selang, dan komponen sistem pendingin lainnya dari tanda-tanda kebocoran. Lakukan pemeriksaan cairan pendingin secara teratur untuk memastikannya berada pada level yang tepat dan dalam kondisi baik. Pendingin yang sehat berwarna oranye atau hijau. Pastikan cairan pendingin bersih dan, jika tidak, lakukan penggantian. Perlu diingat bahwa panas berlebih dapat menyebabkan kerusakan mesin permanen.
  5. Mesin Terlalu Panas Mesin yang terlalu panas adalah masalah yang dialami oleh banyak pemilik mobil. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti level cairan pendingin yang rendah, selang yang tersumbat, radiator yang terbakar, atau kehilangan gasket head yang putus. Penyebab lain dari mesin yang terlalu panas adalah busi yang rusak atau komponen mesin yang rusak. Overheating adalah tanda yang tidak boleh diabaikan. Suhu berlebih di mesin merusak bagian-bagian mesin, yang kemudian menyebabkan penggantian atau perbaikan yang mahal.
  6. Suara Mesin Buruk Bunyi tidak biasa yang berasal dari ruang mesin merupakan tanda ada yang tidak beres dengan mesin mobil Anda. Jika Anda kebetulan mendengar getaran atau suara ketukan dari mesin, kendaraan perlu segera diperiksa. Bunyi knocking disebabkan oleh timing yang salah, campuran bahan bakar dan udara yang kurang, sensor knock yang buruk, bantalan yang aus, atau tensioner sabuk yang aus. Seorang mekanik akan memberi tahu Anda yang mana yang menyebabkan suara-suara menjengkelkan dan menyarankan Anda dengan tepat.
  7. Gangguan Timing Belt Timing Belt adalah bagian penting dari mesin, dan kegagalannya dapat memengaruhi kinerjanya. Agar mesin Anda bekerja secara efektif, rantai timing harus berputar dengan mulus di sekitar roda gigi. Jika ada masalah dengan rantai waktu, akan ada beberapa tanda yang jelas. Masalah pada rantai timing akan menyebabkan mesin mengeluarkan suara berderak saat berjalan, macet, atau berjalan buruk. Ini juga akan menyebabkan kurangnya kekuatan dan keraguan. Terakhir, akan ada serutan logam di oli mesin. Jika Anda melihat gejala masalah mesin ini, segera ambil langkah yang diperlukan.
  8. Sensor Rusak Sensor yang salah dapat menyebabkan masalah mesin yang parah. Mesin di mobil Anda memiliki berbagai sensor, dan semuanya melakukan tugas yang berbeda. Salah satu sensor terpenting di mobil Anda adalah sensor oksigen.  Sensor ini mengukur jumlah oksigen yang tidak terbakar dalam gas buang. Komputer mobil menggunakan data ini untuk mengatur campuran udara-bahan bakar. Jika ada masalah dengan sensor ini, mobil Anda akan menerima informasi yang salah. Hal ini menyebabkan jarak tempuh yang lebih rendah atau tenaga mesin yang berkurang.
  9. Mobil Tidak Berakselerasi dengan Benar
    Jika mobil Anda tidak melaju kencang seperti biasanya, mungkin ada yang salah dengan mesinnya. Masalah ini paling sering terjadi pada kendaraan dengan jarak tempuh tinggi. Beberapa penyebab akselerasi yang buruk bersifat minor, dan Anda dapat memperbaikinya dengan mudah saat Anda menemukannya lebih awal. Akselerasi engine yang buruk dapat disebabkan oleh sensor aliran udara massa yang tidak berfungsi atau tersumbat, sensor oksigen yang tidak berfungsi, timing belt, atau filter bahan bakar. Masalah ini juga dapat disebabkan oleh cairan kopling rendah, pedal kopling aus, atau kesalahan pada ECU.
  10. Asap dari Mesin Asap biru atau putih yang keluar dari pipa knalpot adalah pertanda buruk. Jika Anda melihat asap keluar dari mobil Anda, segera pergi ke bengkel mobil untuk memperbaikinya. Nah, apa saja sih yang bisa menyebabkan munculnya asap dari knalpot mobil? Nah, ada berbagai alasan mengapa hal itu terjadi. Salah satu penyebab asap biru adalah konsumsi minyak yang tinggi. Penyebab lain dari asap biru adalah seal pemandu katup yang aus, ring piston yang rusak, atau ventilasi bak mesin yang buruk. Asap putih dari pipa knalpot merupakan tanda pendingin mesin terbakar atau paking kepala rusak.
BACA  10 penyebab Mobil Tidak Bisa Dihidupkan atau distarter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.