31 Januari 2023

Asap Putih Dari Knalpot: Penyebab Utama dan Cara Mengatasinya

11 min read

Asap Putih Dari Knalpot: Penyebab Utama dan Cara Mengatasinya

Knalpot mobil keluar asap putih dan air memang tidak bisa diabaikan. Pada dasarnya asap mobil yang normal dengan kondisi mesin yang sehat seharusnya tidak berwarna sama sekali. Berbeda dengan mesin diesel yang asapnya sedikit berwarna pekat. Tentu saja itu didasari oleh bahan bakar solar yang digunakan. Namun ketika mobil berbahan bakar bensin malah mengeluarkan asap yang tidak lazim ditambah dengan air.

Anda tidak pernah ingin melihat asap keluar dari knalpot mobil Anda. Dalam kebanyakan kasus, asap putih tipis dari knalpot Anda di musim dingin sangat normal dan bukan sumber kekhawatiran. Namun, setiap kali Anda melihat semburan asap putih tebal dari knalpot, itu pertanda ada yang tidak beres dengan berbagai komponen mesin Anda, entah itu asap putih dari knalpot saat start atau asap putih dari knalpot saat akselerasi.

Alasan paling umum untuk asap putih tebal dari knalpot melibatkan beberapa kerusakan yang memerlukan perbaikan segera atau penggantian suku cadang yang salah, banyak di antaranya sangat mahal, dan jika Anda terus mengemudi dalam kondisi ini, Anda akan berisiko mengalami kerusakan serius dan mahal lebih lanjut pada Anda. mesin. Untuk menghindarinya, Anda harus memahami berbagai akar penyebab asap putih dari knalpot dan menguasai langkah-langkah perawatan cara mengatasi dan memperbaiki masalah tersebut. Juga termasuk biaya untuk perbaikan atau penggantian dalam setiap kasus.

Emisi Gas Buang: Apa yang Normal?

  • Sebelum kita menjelaskan mengapa asap putih tebal dari knalpot merupakan tanda adanya masalah, Anda harus terlebih dahulu memahami dari mana asal asap knalpot dan apa yang normal. Di dalam ruang bakar mesin Anda, percikan menyulut campuran bahan bakar dan udara, menciptakan serangkaian pembakaran atau berisi ledakan di dalam silinder. Produk sampingan langsung dari ledakan tersebut adalah gas buang yang disalurkan ke sistem pembuangan. Sebelum keluar melalui knalpot Anda, gas ini melewati knalpot untuk mengurangi kebisingan dan melalui catalytic converter untuk mengurangi emisi berbahaya.
  • Dalam kondisi normal, Anda seharusnya tidak bisa melihat knalpot yang keluar dari knalpot Anda. Terutama di musim dingin, Anda mungkin sesekali melihat selubung asap tipis berwarna putih, yang hanya uap air. Ini sangat normal dan akan hilang setelah beberapa saat. Penting untuk dipahami bahwa meskipun asap putih tipis dari knalpot adalah normal, jika asap tebal dan keluar dalam semburan yang terlihat, Anda perlu melakukan pemeriksaan berbagai bagian untuk mendiagnosis sumber masalahnya.

Apa Arti Asap Putih Dari Knalpot?

  1. Asap putih tebal dari knalpot menunjukkan bahwa cairan pendingin atau air secara tidak sengaja memasuki ruang bakar, yang seharusnya tidak pernah terjadi. Ketika cairan pendingin atau air dibakar di dalam blok mesin, itu menghasilkan asap putih tebal yang keluar melalui knalpot Anda.
  2. Kejadian umum adalah asap putih dari knalpot yang dikeluarkan dalam semburan tebal. Jangan pernah mengabaikan hal ini dan membiarkannya berlangsung lama. Alasan paling umum untuk kejadian ini termasuk retakan pada bagian-bagian mesin vital, termasuk kerusakan pada kepala silinder, paking kepala atau blok mesin. Meski hanya retak kecil, kerusakan bisa dengan mudah menjadi lebih luas jika Anda terus mengemudi dan menunda penggantian komponen yang retak. Ini dapat mengakibatkan kontaminasi lebih lanjut pada oli mesin atau mesin yang terlalu panas, yang dapat menyebabkan kerusakan mesin permanen. Anda kemudian harus mengganti mesin yang benar-benar rusak, yang mahal dan merupakan pekerjaan yang sebaiknya diserahkan kepada para profesional.
  3. Apa arti asap putih dari knalpot? Di bawah ini adalah 9 alasan paling umum untuk asap putih dari knalpot, dan selanjutnya di bawah ini adalah cara memecahkan masalah dan menangani masing-masing penyebabnya.

Penyebab Asap Putih Dari Knalpot

  • Asap Putih Tipis: Penumpukan Kondensasi Asap putih tipis saat dinyalakan kemudian menghilang biasanya akibat penumpukan kondensasi di dalam sistem pembuangan. Ini cenderung terjadi di musim dingin atau pagi hari yang dingin. Asapnya harus tipis, tidak terlalu terlihat dan hanya keluar dalam jumlah kecil saat dinyalakan, dan akan terbakar cukup cepat setelah mesin Anda memanas, terutama setelah sekitar 30 detik hingga satu menit. Ini bukan merupakan tanda adanya masalah, tetapi jika hal itu terjadi bersamaan dengan kejadian lain berupa penurunan performa mesin atau sulitnya start, ini mungkin mengindikasikan masalah yang lebih serius di dalam mesin Anda.
  • Kebocoran Pendingin: Tangki Reservoir Pendingin Rusak Terkadang, jika tangki penampung cairan pendingin rusak atau retak, dapat menyebabkan kebocoran cairan pendingin ke ruang bakar mesin. Air pendingin yang bocor ke ruang bakar atau sistem exhaust juga bisa menghasilkan asap putih. Kebocoran air pendingin bisa dipicu oleh retakan di dinding silinder. Suhu mesin juga bisa naik karena air pendingin terus berkurang. Sudah jatuh tertimpa tangga pula. Mesin semakin panas, knalpot mobil malah keluar asap putih. Untuk itu Anda harus segera membawa mobil ke bengkel jika sudah terlihat asap putih dari knalpot. Pendingin bocor ini kemudian dibakar di dalam silinder, menciptakan asap putih tebal dari knalpot. Kebocoran cairan pendingin dari tangki penampung cairan pendingin yang retak umumnya lebih sedikit daripada sumber kebocoran tepat di bawah, tetapi hal itu dapat terjadi saat Anda memperbaiki masalah lain di dekatnya dan secara tidak sengaja merusak tangki. Bagaimanapun, Anda harus mengganti tangki reservoir yang rusak.
  • Kebocoran Pendingin: Retak pada Kepala Silinder, Blok Mesin, atau Gasket Kepala Sementara tangki reservoir pendingin yang retak jarang terjadi, ketika sebagian besar mekanik mendengar tentang asap putih tebal dari knalpot, mereka akan menganggap yang terburuk. Itu biasanya karena retak di kepala silinder, paking kepala atau blok mesin, yang semuanya tidak terlalu cepat dan murah untuk diganti, dan bukan perawatan knalpot, sebaiknya Anda membawa mobil Anda ke mekanik bersertifikat yang akrab dengan mesin merek dan model kendaraan
  • Terdapat Sisa Air di Knalpot Knalpot mobil Anda juga bisa membuat genangan air terperangkap di dalamnya. Kalau hal ini terjadi, maka tetesan air yang terperangkap akan menguap dikarenakan gas buang. hasil penguapan akan berbentuk asap yang sedikit berwarna putih. Untuk masalah ini, biasanya hanya berlangsung sebentar saja. Kalau genangan air di dalam knalpot sudah habis, maka asap putih akan hilang dengan sendirinya. Namun jangan biarkan air selalu masuk ke dalam knalpot karena bisa membuat pipa pembuangan itu cepat keropos. Lama kelamaan knalpot pasti berlubang.
BACA  3 Pertanyaan Sering Muncul Tentang Mobil Kurang Tenaga atau Kehilangan Akselerasi

Asap Putih Berwarna Biru Karena Kebocoran Oli atau Oli Bocor ke Ruang Pembakaran

  • Terkadang asap putih yang keluar dari knalpot berwarna biru, meskipun banyak orang mungkin tidak dapat membedakannya. Asap putih berwarna biru menunjukkan bahwa mesin Anda sedang membakar oli.
  • Jika mobil Anda mulai menunjukkan knalpot mengeluarkan asap putih, maka hati-hati. Bisa saja oli mobil sudah bocor masuk ke ruang pembakaran. Inilah yang menimbulkan asap putih muncul secara otomatis dari kendaraan.
  • Anda jangan membiarkan masalah ini terlalu lama. Semakin sering oli bocor, maka volumenya pasti susut bahkan habis. Mobil Anda bisa saja mengalami mogok hingga harus turun mesin.
  • Ada beberapa penyebab oli bocor ke ruang bakar. Bisa disebabkan oleh gasket bocor, klep bocor, silinder mesin aus, atau ada retakan di dinding silinder.
  • Terkadang hal ini juga membuat mesin menjadi susah dihidupkan saat pagi hari ketika mau memanaskan mobil. Proses pembakaran menjadi tidak sempurna hingga menimbulkan masalah ini.
  • Satu-satunya hal yang harus ada di dalam ruang bakar adalah campuran udara dan bahan bakar yang tepat. Jika minyak entah bagaimana menemukan jalannya ke dalam silinder, minyak itu akan menyala bersama campuran udara dan bahan bakar, menghasilkan asap tebal berwarna biru kebiruan yang keluar dari knalpot, yang mungkin tampak seperti asap putih bagi sebagian orang. Tanda-tanda lain termasuk misfire mesin dan peningkatan konsumsi oli.
  • Bagaimana oli bisa bocor ke ruang bakar? Ini kemungkinan besar karena ring piston atau segel katup bocor, memungkinkan oli mengalir ke dalam. Saat oli bocor, komponen mesin tidak terlumasi dengan baik oleh oli, yang berarti akan mulai aus sebelum waktunya. Ini akan menyebabkan kawanan perbaikan dan penggantian mahal lainnya yang tidak ingin ditangani oleh pemilik mobil.
  • Dalam kebanyakan kasus, Anda tidak perlu berurusan dengan ring piston atau segel katup yang bocor sampai setelah tanda 100.000 mil. Salah satu cara untuk membantu memperpanjang umur mereka adalah dengan beralih ke oli motor jarak tempuh tinggi.

Cara Mengatasi dan Memperbaiki Asap Putih Dari Knalpot

  • Periksa Level Pendingin Jika Anda ingin bukti lebih lanjut bahwa Anda mengalami masalah dengan cairan pendingin yang masuk ke blok mesin Anda saat seharusnya ditampung, pertama-tama, Anda harus memeriksa level cairan pendingin. Jika Anda melihat levelnya rendah dan tidak melihat cairan pendingin bocor dari tangki reservoir cairan pendingin, itu mendukung penyebab kebocoran itu disebabkan oleh retakan pada paking kepala, kepala silinder atau blok mesin. Selain itu, sebaiknya Anda berinvestasi dalam kit pendeteksi kebocoran blok mesin yang menggunakan bahan kimia untuk mendeteksi apakah cairan pendingin Anda terkontaminasi.
    • Langkah pertama adalah membuka kap mesin. Namun, jangan lupa bahwa mesin harus cukup dingin sebelum Anda melepas tutup radiator atau tutup reservoir. Jika mesin panas, berikan setidaknya satu jam atau lebih lama lebih baik untuk mendinginkan sebelum Anda mencoba untuk memeriksa cairan pendingin.
    • Kemudian, dengan kendaraan Anda diparkir di permukaan yang datar, buka reservoir cairan pendingin dan lihat ke dalam ruang pendingin untuk memeriksa level cairan pendingin. Cari tanda di sisi botol plastik luapan yang bertuliskan “Rendah” dan “Penuh” atau istilah serupa, lalu ambil corong dan isi wadah hingga levelnya mencapai “Penuh”. Salah satu caranya adalah dengan memasukkan tongkat ke dalam reservoirnya dan memeriksa berapa banyak cairan pendingin yang ada.
  • Jika jumlah cairan pendingin memadai, lanjutkan untuk memeriksa komponen mesin lainnya di bawah retakan atau kerusakan apa pun yang dapat menyebabkan cairan pendingin bercampur dengan oli mesin atau bahan bakar. Sebaiknya Anda juga melakukan pemeriksaan tekanan sistem pendingin untuk mencoba menentukan bagian mana yang sebenarnya menyebabkan kebocoran (Tekanan diterapkan ke sistem hingga kisaran yang ditentukan pada tutup radiator. Jika sistem tidak dapat menahan tekanan setidaknya selama dua menit , maka terjadi kebocoran. Jika tidak ditemukan kebocoran eksternal, kemungkinan terbesar adalah retak pada paking kepala, kepala silinder atau blok mesin).
    • Langkah 1: Cari Retak Pada Gasket Intake Manifold Hal pertama yang harus diperiksa, Anda akan berpikir, adalah paking kepala, tetapi sebelum ini, Anda harus memeriksa paking intake manifold terlebih dahulu. Gasket intake menyegel intake manifold; itu tidak hanya mengangkut cairan pendingin ke mesin tetapi juga oksigen. Jika gasket intake retak, mesin menjadi terlalu panas karena kebocoran cairan pendingin, udara, dan gas. Perlu diingat bahwa gasket sebagian besar terbuat dari karet atau plastik. Oleh karena itu rentan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh panas yang ekstrim. Untungnya, meskipun bisa retak atau rusak, itu dapat dengan mudah diperbaiki jika terdeteksi lebih awal. Gasket itu sendiri relatif murah, Yang mahal adalah biaya tenaga kerja. Karena mengganti komponen mesin apa pun bukanlah pekerjaan yang mudah.
    • Langkah 2: Cari Retak Di Gasket Kepala Setelah memeriksa paking intake manifold, Anda harus beralih ke paking kepala. Gasket kepala dirancang untuk menutup kepala ke blok untuk mencegah cairan pendingin masuk ke silinder. Jika ada keretakan di paking kepala, itu harus segera diganti. Biaya perbaikan paking kepala bisa mencapai ribuan, yang berarti seringkali lebih mudah dan lebih murah untuk hanya membuang bagian yang rusak dan menggantinya.
    • Langkah 3: Cari Retak Di Kepala Silinder Kepala silinder sangat penting karena terhubung ke blok mesin dan paking kepala. Karena terbuat dari aluminium, mudah melengkung atau pecah jika mesin terlalu panas, mengeluarkan asap putih dari knalpot. Jika setelah diperiksa, Anda menemukan celah, segera ganti kepala silinder. Memperbaiki kepala silinder yang retak 00 tergantung pada apakah itu aluminium atau besi tuang. Retak pada kepala besi cor seringkali dapat diperbaiki dengan pengelasan tungku atau pengelasan semprotan api. Jika retakan tidak dapat diperbaiki, seluruh kepala silinder perlu diganti. Meskipun bukan pekerjaan yang terlalu sulit, ini adalah pekerjaan yang sangat memakan waktu karena kepala mesin harus dilepas dan kemudian diganti, sehingga sebagian besar dari biaya penggantian adalah biaya tenaga kerja. Juga, biaya tenaga kerja sangat bervariasi tergantung pada merek dan model kendaraan Anda. Kendaraan mewah seperti BMW, dan Audi seringkali memiliki berbagai komponen yang harus dilepas untuk mencapai kepala silinder.
    • Langkah 4: Cari Retak Di Blok Mesin Ada tiga cara yang mungkin dilakukan untuk memperbaiki blok mesin yang retak, yaitu menggunakan tambalan logam dingin di atas retakan, menjahitnya dengan logam dingin, atau mengelas kembali retakan tersebut. Ini membutuhkan pekerjaan seorang profesional. Terlepas dari rute mana. Jika lebih masuk akal untuk menyelamatkan mesin Anda saat ini dan mendapatkan penggantian blok mesin
    • Langkah 5: Bersihkan atau Ganti Injektor Bahan Bakar Mungkin juga injektor bahan bakar Anda tersumbat dan tidak dapat melakukan tugasnya dengan benar. Mereka umumnya rentan tersumbat oleh endapan karbon dan pembentukan lumpur. Kabar baiknya adalah ada pembersih injektor bahan bakar komersial yang dapat membantu membersihkan injektor bahan bakar yang kotor. Sebaliknya, jika injektor bahan bakar gagal bukan karena tersumbat, ini berarti telah mencapai akhir masa pakainya, sehingga satu-satunya hal yang dapat Anda lakukan adalah menggantinya. Namun, catatan penting adalah Anda harus selalu mengganti seluruh rangkaian injektor bahan bakar daripada hanya mengganti yang bermasalah, atau mesin tidak akan berjalan secara merata.
    • Langkah 6: Periksa segel katup atau cincin piston Ring piston dan seal katup rentan terhadap keausan. Jika ini gagal, penggantian dilakukan. Sayangnya, kedengarannya sesederhana suku cadang, mengganti ring piston sangat mahal, biasanya berkisar a di mana suku cadangnya hanya bekerja sekitar $75-$200 dan sisanya untuk tenaga kerja, karena ini adalah pekerjaan yang sangat memakan waktu. . Mengganti segel katup harganya sedikit lebih murah. Mirip dengan penggantian ring piston, proses penggantian segel katup melibatkan pembongkaran seluruh mesin sampai Anda dapat mencapai pegas katup. Ini berarti bahwa kecuali Anda menyukai diri Anda seorang mekanik DIY otodidak dan sangat berpengetahuan tentang membongkar seluruh mesin, Anda disarankan untuk menyerahkan ini kepada profesional.
BACA  10 Masalah Gangguan Kaki Kaki Mobil Berusia 5-10 Tahun

Hanya Mesin Diesel: Ganti Pompa Bahan Bakar

  • Jika penyebab asap putih dari knalpot adalah karena waktu pompa injektor mati, Anda mungkin hanya perlu memprogram ulang komputer. Jika itu tidak menyelesaikan masalah, kemungkinan besar Anda harus mengganti pompa sepenuhnya.
  • Kemungkinan lainnya adalah Anda harus mengganti camshaft. Pekerjaan ini tidak cocok untuk pemula, karena membutuhkan alat dan pengetahuan yang hanya dimiliki oleh mekanik bersertifikat.
  • Dan setelah Anda melakukan penggantian, cobalah untuk menghindari kegagalan pompa injeksi bahan bakar karena kontaminan di dalam diesel. Ingatlah untuk mengganti filter bahan bakar diesel secara rutin, serta membeli solar dengan kualitas terbaik yang Anda mampu di stasiun isi ulang yang bergengsi.

Asap Putih Dari Knalpot: Alasan Berbeda untuk Mesin Diesel dan Mesin Gas

  • Ketika Anda menemukan asap putih dari knalpot, penting untuk dicatat bahwa ini berarti sumber masalah yang berbeda pada mesin bertenaga gas dan diesel.
  • Ketika Anda menemukan asap putih di mobil bertenaga diesel Anda, itu berarti bahan bakar tidak terbakar dengan benar karena kurangnya panas di ruang bakar. Diesel yang tidak terbakar tidak hanya menyebabkan asap putih tetapi juga mengandung racun tertentu yang kemungkinan akan menyengat mata Anda.
  • Jika Anda memiliki kendaraan bertenaga diesel, selain alasan yang dibahas di atas, asap putih dari knalpot biasanya disebabkan oleh kompresi silinder yang rendah, tekanan bahan bakar ke pompa bahan bakar yang rendah, saluran bahan bakar yang rusak, timing pompa bahan bakar yang salah atau rusak, injeksi yang rusak. timing, ring atau liner silinder retak atau rusak, dan alur pasak poros engkol rusak.

 

Материалы по теме:

Rekor MotoGP Luarbiasa Legenda Hidup Valentino Rossi
Rekor MotoGP Luarbiasa Legenda Hidup Valentino Rossi 
BACA  10 Kehebatan dan Kecanggihan LaFerrari, Mobil Termahal Di Dunia
Pertama juara seri terbanyak sepanjang sejarah dengan 86 kemenangan. Pertama naik podium terbanyak sepanjang sejarah dengan 129 podium. Pertama naik ...
9 masalah mesin mobil yang paling sering
9 masalah mesin mobil yang paling sering Mesin adalah jantung dari setiap mobil yang berfungsi. Ini adalah salah satu aspek merawat dan menjalankan kendaraan yang ...
10 Kehebatan Pagani Zonda Clinque Roadster, Mobil Paling Mahal dan Paling Eksotik
Spesifikasi dan Penampilan Pagani Zonda Clinque Roadster, Mobil Paling Mahal dan Paling Eksotik Pagani Zonda Clinque Roadster adalah salah satu mobil paling eksotik dan paling mahal di ...
Oli Mobil Bocor, inilah dampak dan Cara Penanganannya
  Jika sebelumnya oli masih terisi banyak di mesin tetapi sekarang sudah tinggal sedikit, kemungkinan oli mesin mobil merembes atau terbakar karena ada kebocoran internal. ...
Asyiik, Inilah 10 Mobil Paling Irit di Indonesia
  10 Mobil Paling Irit Doi Indonesia Tahun 2017 Renault Duster (24 km/liter). Renault Duster dengan pengaturan suspensi khususnya dikenal sangat nyaman dengan bantingan yang begitu ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.