31 Januari 2023

10 Tips Bersepeda Bagi Pemula

5 min read

Setelah Anda bersepeda untuk beberapa saat, mudah untuk melupakan betapa luar biasa rasanya naik sepeda dan turun ke jalan-jalan kota untuk pertama kalinya. Meskipun praktik bersepeda yang aman dan kenyamanan di atas sadel menjadi terasa seperti kebiasaan setelah beberapa saat. Bagi pemula atau seseorang yang sudah bertahun-tahun tidak pernah bersepeda (dan mungkin belum pernah bersepeda di jalan raya), mungkin memiliki lebih banyak pertanyaan daripada jawaban ketika datang ke perjalanan sepeda. Menaiki sepeda dan melakukan perjalanan pertama bisa jadi tidak nyaman, membingungkan, dan bahkan sangat berbahaya jika Anda tidak tahu apa yang Anda lakukan. Namun bersepeda tidak berbahaya, hanya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membuat pengalaman Anda seaman, senyaman, dan senyaman mungkin. Dalam perjalanan bersepeda sebaiknya jalanan memiliki  jalur sepeda terlindung yang luas dan saling berhubungan yang akan membuat banyak dari saran ini menjadi usang.

10 Tips Bersepeda Bagi Pemula

  1. Berlatih Bersepeda Jika Anda belum pernah bersepeda selama bertahun-tahun, langkah pertama yang harus Anda ambil sebelum berkeliling kota adalah merasa nyaman dengan sepeda Anda. Luangkan waktu untuk berlatih di jalan masuk Anda, di taman, atau di sisi jalan yang tenang sebelum Anda membawa roda di jalan. Latih berbagai gerakan yang pada suatu saat akan Anda lakukan pada sepeda Anda, seperti bersepeda dengan satu tangan, memeriksa bahu, berhenti dengan cepat, dan berdiri untuk mengayuh.
  2. Periksa sepeda Anda Berikan sepeda Anda barang bekas sebelum Anda membawanya ke jalan raya. Bersihkan rantai, beri angin pada ban, dan pastikan rem bekerja dengan baik. Lihat panduan kami “Bagaimana menyiapkan sepeda Anda untuk musim semi” untuk petunjuk yang lebih mendalam tentang cara menyiapkan sepeda Anda di jalan raya. Jika Anda merasa tidak nyaman dengan mekanik dasar sepeda, bawalah ke koperasi sepeda atau toko sepeda setempat untuk mendapatkan penyetelan sebelum Anda pergi.
  3. Berkonsultasi dengan orang yang berpengalaman Menemukan teman  yang lebih berpengalaman dalam bersepeda untuk diajak bersama bisa menjadi cara yang bagus untuk mengatasi kegelisahan berkendara pertama itu. Temukan teman, anggota keluarga atau rekan kerja yang bersepeda secara teratur, dan bergabunglah dengan mereka dalam perjalanan keliling kota. Biarkan mereka memimpin, jadi Anda bisa fokus untuk merasa nyaman.
  4. Rencanakan ke depan  Cari peta jalur dan jalur sepeda di komunitas Anda dan rencanakan rute yang akan membuat Anda menghabiskan waktu sebanyak mungkin di jalur sepeda yang dilindungi atau rute sepeda di jalan yang sepi lalu lintas. Meskipun di sebagian besar kota di Amerika Utara, bepergian dengan infrastruktur khusus bersepeda tidak mungkin dilakukan, banyak kota memiliki infrastruktur bersepeda yang akan melindungi Anda setidaknya untuk sebagian perjalanan Anda. Jika tidak ada peta rute sepeda di situs kota, hubungi organisasi bersepeda atau toko sepeda setempat untuk mendapatkan saran tentang rute terbaik di kota.
  5. Waspadai ruang sekitar anda Waspadai pengendara sepeda, pejalan kaki, dan kendaraan lain di sekitar Anda. Menyerah pada pejalan kaki di penyeberangan, pemeriksaan bahu sebelum berbelok, dan perhatikan sinyal belok mobil di depan Anda saat Anda mendekati persimpangan. Berikan perhatian khusus untuk menghindari titik buta pengendara.
  6. Gunakan peringatan  Lewati di kiri, dan gunakan bel untuk mengingatkan pengendara sepeda dan pejalan kaki lain bahwa Anda akan melewati mereka. Anda juga dapat mengatakan “lewat di kiri”, jika tidak memiliki bel.
  7. Ikuti peraturan lalu lintas. Bersepeda ke arah lalu lintas dan patuhi lampu lalu lintas. Ada beberapa peraturan lalu lintas – seperti persyaratan untuk berhenti total di rambu berhenti – yang relevansinya dengan orang-orang bersepeda saat ini sedang diperdebatkan. Kemampuan untuk memperlakukan rambu berhenti sebagai hasil, yang dikenal sebagai Pemberhentian Idaho, adalah hukum khusus sepeda yang dirancang untuk mengurangi kemacetan dan menjaga keamanan pengendara sepeda. Tetapi, Berhenti di Idaho, mematuhi peraturan lalu lintas adalah cara terbaik untuk menjaga diri Anda dan orang lain tetap aman.
  8. Gunakan isyarat tangan. Bersepeda dengan cara yang dapat diprediksi dapat membantu Anda tetap aman di jalan. Jika orang di belakang Anda (pengendara sepeda lain, mobil, dll.) Dapat memprediksi apa yang akan Anda lakukan, mereka dapat merencanakan pergerakannya di sekitar Anda dengan lebih baik. Seperti halnya pengemudi yang tidak memberi sinyal penyebab tabrakan, begitu pula orang-orang yang bersepeda. Gunakan isyarat tangan saat Anda berbelok atau berhenti untuk menghindari kebingungan yang tidak perlu. Siku kiri ditekuk, jari-jari terangkat ke atas berarti berbelok ke kanan, sedangkan mengarahkan lengan lurus ke kiri menandakan belokan ke kiri. Mengarahkan jari Anda ke bawah dengan siku kiri yang ditekuk menandakan bahwa Anda berencana untuk berhenti.
  9. Pakai lampu agar mudah dilihat  Gunakan lampu sepeda saat berkendara di malam hari agar lebih terlihat oleh pengguna jalan lainnya. Sementara kegunaan helm dan pakaian keselamatan lainnya untuk pengendara sepeda tetap menjadi masalah yang diperdebatkan di komunitas bersepeda, penggunaan lampu sulit untuk dibantah. Pengemudi tidak dapat mengawasi Anda jika mereka tidak dapat melihat Anda!
  10. Bersikaplah fun untuk bersenang-senang   Meskipun bersepeda di kota perlu didekati dengan tingkat kehati-hatian yang sama dengan segala bentuk transportasi, hal itu tidak boleh menjadi pengalaman yang membuat stres. Bersepeda itu aman, sehat, dan yang terpenting, menyenangkan! Rasakan pengalaman angin bertiup di rambut Anda dan sinar matahari di punggung Anda. Perhatikan lingkungan Anda, sapa pengendara sepeda lain. Selain tentang kesehatan dan keberlanjutan, bersepeda juga tentang mengembalikan kegembiraan ke dalam perjalanan Anda.
BACA  10 Tips Merawat Mobil dan berkendara Berdasarkan Penelitian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.