31 Januari 2023

Tips Perawatan Mobil Menurut Pakar Otomotif

5 min read

Tips Perawatan Mobil Agar Dalam Kondisi Hebat

Merawat mobil  dengan benar adalah kunci untuk menjaganya dalam kondisi prima. Ini juga dapat membantu memastikan keselamatan Anda, keselamatan penumpang Anda, dan sesama pengemudi. Berikut beberapa cara untuk membantu mobil Anda tetap berjalan dengan lancar menurut pakar otomotif international.

Daftar Periksa Perawatan Mobil

  • Periksa dan Rawat Ban Mengetahui cara menjaga tekanan ban mobil Anda dapat membantu mengurangi keausan pada ban dan membantu memastikan Anda mendapatkan jarak tempuh yang baik. Memeriksa tekanan ban Anda termasuk menemukan tekanan yang disarankan, memeriksa PSI dan menggembungkan atau mengempiskan ban Anda. Ban kempes adalah bahaya yang bisa berbahaya bagi Anda dan mobil Anda. Ada beberapa langkah pencegahan yang dapat Anda lakukan untuk membantu menghindari ledakan, termasuk memutar ban Anda setiap 5.000 hingga 10.000 mil dan mengawasi penarikan ban.
  • Ganti Oli Memeriksa dan mengganti oli mobil secara rutin sangat penting untuk menjaga mesin tetap dalam kondisi berjalan. Periksa oli Anda setiap bulan dan ganti sesuai petunjuk di manual pemilik mobil. Anda dapat mengganti oli sendiri atau membawanya ke pusat servis. Jika Anda memilih untuk melakukannya sendiri, pelajari langkah-langkah yang diperlukan untuk menguras cairan, mengatur level oli yang benar, dan membuang oli lama. Anda juga harus mengetahui jenis oli motor mana yang terbaik untuk mobil Anda, terlepas dari apakah Anda mengganti oli sendiri atau membawanya ke pusat servis. Ini biasanya berarti mempertimbangkan tiga hal – viskositas oli, apakah akan menggunakan oli sintetis versus non-sintetik dan jarak tempuh mobil Anda.
  • Periksa Cairan Ada beberapa cairan yang harus dijaga pada tingkat yang sesuai untuk membantu mobil Anda tetap berjalan dengan baik. Menurut para ahli mesin harus rutin memeriksa:
    • Oli mesin
    • Pendingin
    • Cairan power steering
    • Minyak rem
    • Cairan transmisi
  • Kebocoran pada salah satu cairan ini dapat memengaruhi cara mobil Anda mengemudi. Jika Anda melihat kebocoran, Anda mungkin bisa mengenali cairan dari warnanya. Ini dapat membantu Anda dan mekanik Anda menentukan dari mana asal kebocoran. Ini juga dapat membantu mempercepat proses perbaikan.
  • Cek Lampu Bohlam yang rusak atau terbakar adalah bahaya keamanan dan mungkin memberi Anda tiket. Pelajari cara memeriksa secara menyeluruh setiap bohlam di mobil Anda. Jika bohlam mati, bawa mobil Anda ke ahlinya untuk menentukan apakah bohlam atau sekringnya yang perlu diganti. Lampu depan adalah lampu pengaman utama di mobil Anda. Pertimbangkan untuk mengambil beberapa langkah tambahan untuk membantu membuatnya tetap bersinar, seperti membersihkan lensa dan mengganti bohlam saat mulai redup.
  • Ganti Wiper Kaca Depan Jika wiper Anda tidak berfungsi seperti biasanya, jangan biarkan masalah berlanjut. Bilah yang rusak atau aus dapat mengurangi jarak pandang selama hujan lebat atau badai salju. Mengetahui cara memeriksa bilah penghapus Anda secara teratur dan menggantinya saat diperlukan adalah salah satu cara untuk membantu menjaga keamanan mobil Anda.
  • Ganti Filter Udara Mesin Anda Filter udara mesin yang kotor dapat memungkinkan kotoran dan partikulat lain masuk ke mesin mobil Anda dan mengurangi efisiensinya. Periksa filter udara mobil Anda setahun sekali dan ganti sesuai kebutuhan.
  • Pemeriksaan Reguler Beberapa tugas perawatan mobil rutin dapat dilakukan di rumah, tetapi yang lainnya memerlukan teknisi terlatih. Bawa mobil Anda ke teknisi jika lampu check engine menyala. Teknisi terlatih dapat mendiagnosis masalah melalui port diagnostik on-board mobil (OBD-II). Bengkel yang memenuhi syarat juga akan dapat memeriksa dan mengganti komponen inti lainnya seperti alternator dan bantalan roda. Menjadwalkan tune-up secara teratur akan membantu memastikan bahwa mobil Anda juga mendapatkan perbaikan item perawatan lainnya.
  • Periksa Rem Anda Bantalan rem mobil Anda juga memerlukan pemeriksaan rutin. Saat mengemudi, dengarkan suara rem dan perhatikan getaran atau getaran dari pedal rem. Jika ada masalah yang muncul, konsultasikan dengan pusat layanan sesegera mungkin.
  • Cuci Mobil Anda Mobil Anda mengalami berbagai macam elemen, mulai dari garam jalan raya dan es yang mencair di musim dingin hingga getah pohon dan kotoran burung di musim panas. Beberapa dari bahaya ini tidak hanya tidak sedap dipandang tetapi juga dapat menyebabkan kerusakan pada cat dan rangka bawah, menurut AccuWeather. Menjaga kebersihan mobil dapat membantu mencegah kerusakan jangka panjang. Temukan metode mencuci mobil yang sesuai untuk Anda dan secara teratur mencuci mobil Anda.
  • Periksa Sabuk dan Selang Menjaga sabuk dan selang mobil Anda dalam kondisi yang baik dapat membantu mobil Anda tetap berjalan dan dapat membantu Anda menghindari kerusakan di jalan. Misalnya, jika sabuk serpentine Anda putus saat Anda mengemudi, hal itu dapat menyebabkan banyak sistem mobil Anda rusak. Memeriksa sabuk dan selang Anda setiap kali mengganti oli akan membantu memastikan kondisinya baik dan tidak perlu diganti.
  • Tinjau Asuransi  Sama seperti pemeriksaan mobil biasa, sebaiknya tinjau polis asuransi mobil Anda dari waktu ke waktu. Ini dapat membantu memastikan perlindungan, batas, dan deductible polis Anda mutakhir dan sesuai untuk situasi Anda saat ini. Menjaga mobil Anda dalam kondisi yang baik dapat membantu Anda dan penumpang Anda tetap aman. Dan ingat, jika Anda tidak yakin tentang cara memeriksa atau mengganti suku cadang mobil, pastikan untuk menghubungi mekanik setempat untuk mendapatkan bantuan.
BACA  Spesifikasi Koenigsegg CCXR Trevita, Mobil Termahal dan Tercepat Di Dunia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.